rizka jalan-jalan - episode "kereta dan mas2 gila"

05.09


kisah ini berawal dari hari senin tanggal 23 mei 2016 lalu sekitar jam 7 malam, saat aku sedang latian teater di rumah guru teaterku. namun sialnya yang datang latian waktu itu hanya 2 orang, yaitu aku dan impong. impong adalah seorang mahasiswa semester 4 yang kuliah di salah satu perguruan tinggi islam di bojonegoro. aku mengenalnya sejak akhir tahun lalu waktu kita sama-sama masuk ke salah satu sanggar seni di bojonegoro untuk mengikuti program pendidikan teater.
singkatnya, malam itu terjadilah obrolan antara kami berdua.
rizka : piye iki? seng teko cuma kene? aku lak raono dialog karo awakmu to, pong. trus pie ape latian? piye lek sesuk kene latian neh, tp cah-cah ndari, pastikan iso teko kabeh.
impong : yah.. aku gak iso.. sesuk aku ape neng suroboyo karo kokom.."
aku yang kurang piknik ini langsung nyamber dengan antusias : "LAPO NENG SUROBOYO? MELUUU!!! ketepakan sisuk aku prei.."
impong yang dasarannya orangnya emang kalem ini jawab dengan kalem juga : "entuk undangan acara teater ko salah satu kampus di surabaya"
rizka yang tukang maksa : "oh okey.. melu ya? melu pokok! boleh to? naek opo?"
impong yang cuma bisa pasrah : "boleh lah.. naik kereta jam 1 siang budale.. aku karo kokom wes entuk tiket. awakmu ndang nggolek tiket saiki"
rizka yang antusias : "oke.. sekarang juga kita berangkat ke stasiun, kapten!!"
dan impong pun dengan pasrahnya mengantarku nyari tiket kereta ke stasiun. waktu itu jam 8 malam dan sialnya pelayanan jual tiket jaman sekarang dibatasi dari jam 9 pagi sampe jam 4 sore. dan sistem ini berlaku pula pada indomaret dan alfamart. apa-apaan ini? padahal ya.. akhir 2014 lalu aku masih bisa lho beli tiket jam 10 malem buat perjalanan besok nya. wadoh.. yaudah deh, mau gak mau besok paginya aku harus balik lagi ke stasiun demi dapat tiket kereta. dan akhirnya setelah ke stasiun selasa pagi jam 9-an, tiket kereta jurusan surabaya seharga 12 ribu sudah ditangan.

siangnya jam 1 tet aku berangkat dari rumah ke stasiun, oya, jadinya kereta berangkat jam setengah 2 an, dan jarak rumahku dengan stasiun sekitar 10 sampe 15 menitan, ya cukup lah.. lagian aku juga gak pengen nunggu terlalu lama di stasiun sendirian. loh? katanya sama impong dan kokom? iya.. tapi impong naiknya dari salah satu stasiun kecil di dekat rumahnya, maklum.. rumah dia bojonegoro pinggiran.
nah, setelah masuk ke dalam kereta, aku yang anaknya manut ini masuk ke gerbong dan duduk di bangku sesuai dengan yang tertera di tiket. namun sifat manut ini tidak bertahan lama. sesampainya di stasiun tempat impong dan kokom naik, ternyata kita beda gerbong. dan insting rebelku pun mulai membuncah karena gak mau sendirian ini, untuk pindah biar bisa satu gerbong ama temen-temenku. namun, kemalangan tak berhenti sampai di situ, kawan. saya harus rela di usir orang karena tempat yang saya duduki adalah tempat yang sesuai tertera di tiket mereka. sial.. aku sempet deg-deg-an juga karena takut diusir pak tukang ngecek tiket kereta, untungnya saja kekhawatiran itu tidak terjadi. fyuh..

akhirnya sampailah kita di salah satu stasiun kereta surabaya. kemudian kita naik angkot menuju kampus tempat tujuan kita, yaitu sebuah universitas islam. dan dari rumah sampai naik kereta tadi, aku cuma pake kaos oblong sama celana pendek sedengkul sama sendal gunung. mantap! wes karepmu mbak.. dan akhirpun aku kebingungan cari toilet buat ganti celana panjang sebelum masuk komplek universitas. untung aja aku bawa celana panjang. hufh..
okey, sesampainya kita di kampus islam itu, kita langsung makan, mandi, ngecas henpon, sambil nunggu acara mulai.

dan akhirpun acara teater itu mulai lah.. ada 2 pementasan malam itu. dan keduanya keren. namun aku lebih suka pementasan yang pertama. yang kedua sebenernya bagus juga, namun aku kurang bisa nangkep maksudnya kalo aja pas acara ramah tamah pak sutradaranya gak ngejelasin. dan pementasan malam itupun selesai. aku, impong dan kokom disambut baik oleh anak teater dari kampus itu, kita diajak nginep di basecamp mereka yang masih berada di area kampus itu.
ada satu cerita lagi tentang mas-mas gila. jadi begini ceritanya.. sebelum berangkat ke surabaya, aku menghubungi salah satu teman yang ku kenal waktu aku ikut kelas inspirasi bojonegoro awal bulan lalu. aku sengaja menghubunginya karena beberapa saat yang lalu waktu aku ke surabaya aku baru ngabarin dia setelah balik ke bojonegoro dengan "mas.. aku abis dari surabaya loh.." dan tanggapan mas-mas ini "loh, kok baru ngabarin? next kalo ke surabaya lagi, kabarin yah.." dan aku pun mengiyakan. dan karena "iya" menurutku adalah sebuah janji, maka aku harus menepatinya. jadi sebelum berangkat ke surabaya aku sudah "nggriseni" dia dengan "mas, aku mau ke surabaya loh.." aku kirim itu ke WA, BBM, bahkan ke 2 akun fesbuknya. karena gak ada tanggepan, aku sih anaknya positif thinking aja, mungkin paketannya abis. akhirnya aku coba ngeSMS ke nomer watsapnya. dan akhirpun dibalas "maaf, ini siapa ya?" *jederrr.. tapi setelah aku kasih tau, akhirnya WA-nan ku dibalas. dan ternyata dia masih lagi ndampingi anak SD tamasya. well.. okelah.. toh aku baru nyampe surabaya ntar sore.
dan setelah sampai di surabaya, aku nge-Watsap dia lagi, aku bilang aku lagi nonton teater di salah satu kampus di surabaya. dan sepertinya dia antusias juga dengan nonton teater. tapi ternyata dia lagi ada acara keluarga. dan mungkin malem banget baru bisa nemuin aku. tak tunggu sampe malem banget, dan di situ aku udah mulai hopeless. ah mas ini mungkin gak akan datang. udah malem juga, mungkin dia capek. yaudah akhirnya aku pasrah ikut nongkrong di depan basecamp bareng anak-anak teater dari kampus itu. dua temanku apa kabar? mereka anak-anak pendiam dan daripada canggung, lagian udah capek akhirnya mereka memilih untuk tidur. Henponku tak ces di dlm basecamp, waktu itu sekitar jam 1 malem, aku koyok kroso, aku yang tadi nongkrong di luar, masuk ke dalam basecamp dan ngecek hp. Dan ternyata mas-mas gila ini sudah ngeWA dan ngeBBM ngasih tau kalo dia lagi di depan kampus. Akhirnya aku minta tolong ke salah satu temen di sana, sebut saja namanya mas aak untuk nganter ke depan nemuin mas-mas gila ini. Karena aturan kampus di sini, kita ga bisa keluar masuk sembarangan. Si mas gila tetep bisa masuk, tapi baru bisa keluar besok paginya. Aku gak tau bagaimana perasaan mas-mas gila ini terjebak di dalam kampus orang semaleman dengan orang-orang yang tidak dia kenal sebelumnya, nahan ngantuk, laper dan pengen ngopi. Tapi aku pribadi sih jujur aja bosen.. dan takut juga.. bukan takut ama orang-orangnya, tapi takut karena tempatnya serem. Kayak lokasi uji nyali. Semaleman gak tidur, aku harus bertahan melawan ngantuk dan bosan ini. Dan karena aku gak gampang deket sama orang, akunya jadi bingung kalo harus ngumpul ama orang baru. Jatohnya aku malah lebih banyak diem dan cuma senyum nyengir plengah plengeh aja. Ngobrol sama mas-mas gila. Ya jelas to.. wong aku yang maksa dia ke sini. Dan aku emang lebih bisa ngobrol sama dia karena kita udah pernah ketemu sebelumnya, dan ngobrol via online, meskipun ngobrol secara langsungnya seingatku baru kali ini tapi bisa langsung nyambung aja gitu. *apa cuma aku yg nyambung2in? dan ini penampakan mas-mas gila yang saya maksud..

Subuhpun tiba, aku yang udah bosen karena udah sampe surabaya tapi gak kemana-mana ini mulai merengek-rengek maksa ke mas-mas gila "mas, udah pagi nih.. kayaknya gerbange udah dibuka, anterno aku cari tiket kereta yok.." padahal asline mung bosen dan pengen jalan-jalan. Akhirnya si mas gila dan mas aak sama 1 mas lagi yang dari malang nganterin aku nyari tiket kereta di indomaret. Dan pencarian tiket kereta pun tidak membuahkan hasil. Tapi setidaknya, mas-mas gila bisa dapat kopi sama rokok.
Akhirnya kita balik ke kampus, dan setelah ngrokok ama ngopi, si mas-mas gila ini malah tidur. Yowes.. mungkin dia lelah.. dan akupun ikutan tidur, tapi aku tidur cuma bentar karena ga tenang. Masik pengen jalan-jalan. Jam 8 pagi aku maksa bangunin mas-mas gila ini buat ngajak aku keluar dengan alesan aku laper. "Mas.. bangun mas.. laperrr.. cari makan yok.." dan si mas-mas gila ini mau gak mau bangun dan ngajak aku keluar cari makan. Sejujurnya.. aku gak laper-laper banget. Aku cuma bosen. Pengen jalan-jalan. Jahat yo? Maapin, maseee...
Oh ya.. aku dititipin kokom suruh beliin kudung. Karena kudungnya dia basah kecemplung air pas lagi di kamar mandi. Akhirnya setelah makan, aku maksa lagi si mas-mas gila buat nyari bakul kudung di surabaya, keliling-keliling lewat jalan tikus sambil cerita-cerita. Ngeklek gak abis-abis denger cerita pengalaman lucu si mas-mas gila ini. Bikin capek ketawa, tapi menyenangkan. dan motornya si mas gila sempet mogok. iya.. motor yang bisa jalan tanpa kunci motor ini.

Setelah keliling surabaya, akhirnya dapat juga kudung buat kokom, dan kita pun balik lagi ke kampus. Ternyata eh ternyata, impong dan kokom gak jadi balik hari itu. Akhirnya aku pulang ke bojonegoro nge-bis sendirian. Dan dengan mau gak mau, baik hatinya mas-mas gila ini nganterin ke terminal dan bantu nyariin bis yang langsung ke bojonegoro.

Sesampainya di bojonegoro, karena aku berangkat naik kereta, maka aku markir motorpun di stasiun. Jadilah aku harus jalan kaki dari terminal sampe ke stasiun, yang sebenernya kalo naik motor itu deket banget. Tinggal sekali "ngeng" juga sampek. Cuma kalo jalan kaki ya.. betis pegel juga.. tapi di tengah jalan, di dekat kafe temenku, ada pegawainya yang aku kenal lagi baru mau buka tuh kafe. Ya.. untung bagi saya dan malang bagi si pegawai kafe temenku ini. Dia tak minta anter aku sampe stasiun. Kaki udah pegel banget. Mana panas, mana jam 3 harus kerja, akhirnya aku sampai di stasiun *pelukin motor*. Namun kekampretan tak habis sampai di situ. Sistem perparkiran stasiun kini wasem sekali. Parkirnya diitung jam-jam-an. Bangkrut deh kakak bayar parkir.. biasanya parkir cuma 2 ribu, kini jadi 20ribu. Tidaaaakkk.. apa yang kamu lakukan ke saya ini jahat.. lebih jahat daripada rangga. "Ada apa dengan si anak bokek?" Mosok beli tiket kereta ama bayar parkirnya mahalan bayar parkir? Pedih sob.. pedih!
Pesan moral dari perjalanan kali ini : jangan naik kereta! Ribet. Makasih.

You Might Also Like

0 komentar

Komunitas Blogger Baper

Komunitas Blogger Baper

Kelas Inspirasi Bojonegoro