#rizkaJalan2 : exploring Bojonegoro #1 - Kayangan Api

18.40

hay hay..
saya orangnya suka jalan-jalan. hampir tiap weekend bisa dipastikan saya jalan-jalan. yang jelas sih gak mungkin jauh-jauh dari daerah tempat tinggal saya sekarang ya. yup. Bojonegoro. palingan saya jalan-jalannya ya sekitaran Bojonegoro, Tuban, Lamongan, Cepu, Blora, Nganjuk dan sekitarnya.

sampai akhirnya ada pada satu titik dimana saya jenuh dengan aktivitas jalan-jalan ini. capek, bosen, saya berpikir, saya sudah cukup menjelajahi semua yang saya sebut tadi, paling-paling kesitu-kesitu lagi. kalau mau yang agak jauhan dikit, yah.. bagi karyawan kayak saya ini pasti waktu adalah jadi kendala utamanya ya.. ya udah. tapi emang pada dasarnya sih saya orangnya kan seneng jalan-jalan ya, saya mulai berpikir lagi, kenapa gak saya share aja jalan-jalan saya ke kalian. kali aja ada manfaatnya. dan ini juga bisa jadi pemacu saya buat semangat jalan-jalan lagi. hehe..

postingan kali ini saya beri judul  "#rizkaJalan2 : exploring Bojonegoro #1 - Kayangan Api" kenapa? karena nantinya. rencananya, kalau saya gak males, and gak lupa saya bakal bikin seri #rizkaJalan2 : exploring Bojonegoro #2 , #rizkaJalan2 : exploring Bojonegoro #3 dst. semoga aja berguna, tapi kalau gak, ya.. seenggaknya bisa buat latian saya dalam menulis. :) oke deh langsung aja.

Kayangan api

bagi sebagian orang mungkin ada yang sudah tahu tentang kayangan api ini, tapi ada sebagian orang juga yang mungkin saja belum tahu. tapi tadi setelah saya search dengan keyword "kayangan api" di google ternyata sudah banyak kok yang bikin artikel tentang kayangan api ini. tapi gak apa-apa. mari kita melihat kayangan api dari mata seorang rizka. eciye.. ah sudahlah. next

jadi kayangan api ini adalah sumber api abadi yang terdapat di desa sendangharjo kecamatan ngasem - Bojonegoro, jawa timur. kira-kira begitu. jaraknya sekitar 25km dari pusat kota Bojonegoro.

nah.. itu dia penampakan dari kayangan api yang saya sebut tadi. apinya keliatan gak sih? aslinya sih kelihatan ya.. cuma ini kan kamera hp jadi mungkin kurang mumpuni, tapi itu udah keliatan kok dikit-dikit. kalau malem tuh keliatan jelas apinya. sayang waktu itu saya kesananya siang hari. soalnya gak berani kalo malem hari kesana sendirian. coy.. jalannya coy.. lewatin hutan-hutan coy.. entar kalau saya dimakan macan gimana? :-/
nah kalau ini orang-orang sih biasa nyebutnya air "blukutuk" atau bahasa indonesianya air mendidih. kalau orang jawa kan nyebut mendidih itu "blukutuk" karena air kalo mendidih kan bunyinya blukutuk blukutuk gitu... oya, itu walaupun kayak air mendidih gitu tapi ternyata airnya gak panas loh, justru dingin. aneh kan? kayak air mendidih tapi waktu di pegang malah dingin? kok bisa ya? oya. air blukutuk ini nama sebenarnya adalah "Palonan" atau tempat untuk mencuci keris. dan sebenarnya kayangan api itu dulunya adalah tempat dari Empu Supagati membuat keris. siapakah Empu Supagati itu? silahkan di googling sendiri. atau kalau mau diceritain, kita kopdar aja dulu. #eh. disini juga bau belerangnya menyengat sekali. beneran deh.

cara kalau mau menuju kayangan api ini gimana sih rizka? kasih tau donkk.. 
gampang banget kawan!! aduh.. ini apa sih? ah sudahlah, langsung aja ya. kamu kalau dari pusat kota Bojonegoro, carilah namanya "bundaran jetak" kalau kamu gak tau itu letaknya dimana, tanya aja kang becak, pasti tau. nah dari bundaran jetak kamu jalan ke arah selatan lurus aja sampai ketemu namanya "pasar dander" itu ada pertigaan belok kanan atau ke arah barat. nih pasar dandernya.

nah ntar kamu dari pasar dander lewat sini nih, ke barat aja terus, gak usah belok-belok
sampai ketemu plang dibawah ini

okey. sudah cukup segini aja dulu postingan tentang #rizkaJalan2 : exploring Bojonegoro #1 - Kayangan Api. ada kurang lebihnya saya mohon maaf. trimakasih sudah membuang waktu kamu buat baca tulisan saya ini. nanti kalau saya gak males saya nulis lagi tentang tempat wisata di Bojonegoro dan sekitarnya.
dadaaah..

You Might Also Like

0 komentar

Komunitas Blogger Baper

Komunitas Blogger Baper

Kelas Inspirasi Bojonegoro