apa arti Kartini buat kamu?

20.00

Kenapa saya membuat postingan ini setelah sekian lama tidak menjamah dunia per-blog-an?
dan kenapa kok bertepatan dengan Hari Kartini?
Jadi, sebenarnya saya tidak tahu kalau hari ini adalah Hari Kartini, kalau saja tadi pagi waktu berangkat ke kantor, saya melihat pawai anak-anak SMP dengan memakai baju daerah.
Lalu sesampainya di kantor, saya bertanya kepada sahabat-sahabat saya yang perempuan tentang arti kartini menurut mereka. dan inilah jawabannya.

"Kartini itu yang berarti mampu menyeimbangkan antara hak dan kewajiban. yang bisa menempatkan skala prioritas. jika berperan sebagai ibu dan istri, prioritas utamanya adalah keluarga. nah.. di era modern sekarang ini, peran Kartini sering disalahgunakan. memang, dulunya Ibu Kartini adalah yang membuka cakrawala bagi wanita. yang memperjuangkan hak wanita agar mendapat hak yang sama dengan pria dalam hal kebebasan. kebebasan pemikiran maupun ruang gerak. tapi di jaman ini, wanita kita sering menyalahgunakan. dengan dalih itu mereka malah lalai dengan peran sesungguhnya dalam keluarga. sebenarnya kan Ibu Kartini tidak seperti itu. Beliau tetap menjadi istri yang sukses dalam keluarganya. mampu menyeimbangkan antara hak dan kewajiban. hak bebas berekspresi, dan kewajiban sesungguhnya menjadi ibu dan istri. ingat tanah, ingat kodrat. belajar. belajar. belajar. Selamat Hari Kartini, sayangkuh.."
-Angelina Dyah Kusumawardhani, Bidan, bidadari bumi yang pertama kali menginjakkan kaki di kayangan-

"Harusnya arti dari Hari Kartini ini begitu sakral. tapi kenyataannya peringatan Hari Kartini hanya sekedar pakai kebaya, lomba-lomba, dll. Sedangkan, makna sesungguhnya dari Hari Kartini seolah terabaikan dengan adanya lomba, dan bagus-bagusan kebaya. Padahal perempuan-perempuan di Indonesia saat ini juga banyak hak-haknya yang belum terpenuhi meski sudah sering gembar-gembor soal Emansipasi Wanita. Saya kadang sebel melihat wanita-wanita masa kini memperingati kartini dengan cantik-cantikan dan bagus-bagusan kebaya, harusnya semua merenung, tentang bagaimana perjuangan Ibu Kita Kartini dulu agar mendapat kesetaraan dengan laki-laki hingga kita semua (perempuan masa kini) bisa merasakan bangku pendidikan, pekerjaan, dll."
-Arika Hutama, Presenter, Wartawan-

"Mengapa Hari Kartini harus identik dengan kebaya? apa kebaya sudah cukup menjadi simbol Kartini-an? harusnya ada hal lain yang lebih. contoh : yang biasa kerja pulang malah, pulangnya jadi lebih awal."
-Dyah Mitra Febrianti, Banker, Boronita, Barcanita, High Quality Jomblo-

"Menurut saya, makna dari Hari Kartini adalah Emansipasi tanpa melupakan kodrat sebagai wanita. penyetaraan gender dengan tidak melupakan wanita sebagai penjaga rumah, pengharum rumah, dan pendidik/madrasah di dalam rumah. dimanapun fisik wanita berada, hati dan pikiran tidak boleh lepas dari rumah dan keluarganya."
-Elly Nandar, founder Ayam Bakar Nandar-

"Saya mengutip Quote dari Ibu Kita Kartini "Banyak hal yang bisa menjatuhkanmu, tapi hal yang benar-benar bisa menjatuhkanmu adalah sikapmu sendiri" itu saja, Selamat Hari Kartini"
-Niken Savitri, Pengusaha EO yang giat bekerja, tangguh dan sayang keluarga-

"Saya merayakan hari Kartini dengan kontrol kondisi 'kartini' yang ada di dalam perut saya"
-Pipink Jameela, ibu hamil yang lagi LDR-an sama suaminya-

"Hari Kartini, waktunya kerja keras kejar setoran. kamu ndak Kartini-an? sinih tak dandanin."
-Rinif Narulita, pengusaha rias manten dan pemilik toko sepatu kulit asli magetan yang paling hits-

"Kartini adalah penggerak kaum wanita yang kodrat awalnya hanya 'macak, masak, manak' menjadi paham tentang ilmu pengetahuan, pendidikan, dan bisa mendapat pekerjaan yang setara dengan laki-laki. kalau dari bahasa jawa Wanito adalah wani ditoto yang artinya berani ditata dan harusnya hanya di rumah dan mengurus keluarga, sejak adanya perjuangan Kartini, kita bisa menjadi wanita yang berpendidikan dan dapat meng-eksplor kemampuannya"
-Yosi Aryani, Admin distributor cat, istri yang baik-

nah itu adalah jawaban dari sahabat-sahabat saya tentang "Apa arti Kartini buat kamu?"
kalau buat aku sendiri, sifat Kartini yang harus diteladani adalah sifat pantang menyerah, tidak lelah belajar dan bekerja keras demi menjadi pribadi yang lebih berguna bagi sekitarnya.
Selamat Hari Kartini,

You Might Also Like

2 komentar

Komunitas Blogger Baper

Komunitas Blogger Baper

Kelas Inspirasi Bojonegoro